Selasa, 14 Januari 2014

Artikel Tulisan Mengenai Beasiswa



 
Nama: Siti Istiqomah
Kelas/NPM: 4ID04/36410694
Matkul: Kewirausahaan
Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma-cuma ataupun pemberian dengan ikatan kerja (biasa disebut ikatan dinas) setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda-beda, tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut.
Melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi adalah sebuah keharusan bagi siapa pun, namun biaya pendidikan yang terus meningkat tentunya sangat potensial untuk menghambat program belajar anda. pendidikan adalah awal untuk merealisasikan semua cita-cita dan impian anda, sehingga anda benar-benar diharuskan untuk tetap focus dan konsisten dengan program belajar anda agar semua yang anda cita-citakan nantinya dapat terwujud. Dalam upaya untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan disaat meningkatnya biaya pendidikan nasional maupun pendidikan diluar negeri, maka salah satu solusinya adalah mendapatkan beasiswa. Beasiswa dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti beasiswa dari perguruan tinggi, beasiswa dari perusahaan, beasiswa dari lembaga pendidikan non formal, dan beasiswa dari sumber-sumber lainnya. Untuk bisa mendapatkan beasiswa dari instansi manapun yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan diri anda agar masuk dalam criteria calon penerima beasiswa. Secara sederhananya untuk bisa memperoleh beasiswa ada beberapa hal yang harus anda penuhi, meliputi nilai akademis yang bagus, catatan personal yang bersih, dan lain sebagainya. Setidaknya seseorang yang berharap atau sedang mengajukan program beasiswa haruslah memiliki criteria persyaratan yang diperlukan. Tanpanya, maka tidak mungkin yang bersangkutan berkesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa dari instansi manapun.
Berikut beberapa tips dan cara agar anda bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan anda
A.                Persiapkan diri anda sebagai calon penerima beasiswa yang layak
Seperti yang saya tekankan diatas, bahwa untuk bisa memperoleh beasiswa anda harus merupakan kandidat yang pantas; memiliki nilai akademis yang baik, personality baik, aktif, dst.
B.                Rajin mencari informasi pembukaan program beasiswa
Anda harus secara aktif mencari infirmasi program pembukaan beasiswa melalui situs-situs penyedia informasi program beasiswa. Ada banyak sekali situs-situs yang secara up to date memberikan informasi kesempatan mendapatkan beasiswa.
C.                Tingkatkan nilai akademis anda
Meskipun beasiswa dapat diperoleh dari berbagai macam sumber yang tidak selamanya berpatokan pada satu persyaratan tunggal, yakni nilai akademis, namun kandidat yang memiliki nilai akademis bagus tetap menjadi yang paling berpeluang untuk bisa mendapatkan beasiswa.
D.                Aktif dalam agenda-agenda organisasi pendidikan
Anda harus aktif dalam agenda keorganisasian, karena dari sana anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari sumber tententu, terutama beasiswa dari instansi pendidikan atau kampus anda sendiri.
E.                Perbanyak koneksi/relasi
Relasi sangat penting, karena akan membantu anda mendapatkan lebih banyak informasi. Tingkatkan sosialitas anda dengan banyak orang, terutama dengan orang-orang yang berpotensi untuk memberikan anda peluang.
Jika anda mengaplikasikan semua tips diatas tentunya peluang anda untuk bisa mendapatkan beasiswa akan semakin terbuka lebar.
Beasiswa adalah lahan empuk agar menjadi mandiri dan agar terus menerus untuk berusaha terutama dalam menggapai impian dengan cara apapun terutama dengan jakur beasiswa yang dapat dimanfaatkan.

Sumber: Wikipedia.ac.ide/beasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar