Jumat, 13 Desember 2013

Identifikasi Peluang Usaha Baru



Nama                 : Siti Istiqomah
Kelas/NPM       : 4ID04/36410594
Matkul Softskill : Kewirausahaan

Sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru, antara lain:
a.   Konsumen, yaitu wirausahawan harus selalu memperhatikan apa yang menjadi keinginan konsumen atau memberi kesempatan kepada konsumen untuk mengungkapkan keinginan mereka.
b.   Perusahaan yang sudah ada, yaitu wirausahawan harus selalumemperhatikan dan mengevaluasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang sudah ada dan kemudian mencari cara untuk memperbaiki penawaran yang sudah ada sehingga dapat membentuk peluang baru.
c.   Saluran distribusi, merupakan sumber gagasan baru yang sangat baik karena kedekatan mereka dengan kebutuhan pasar.
d.  Pemerintah, merupakan sumber pengembangan gagasan baru dengan dua cara yaitu melalui dokumen hak-hak paten yang memungkinkan pengembangan suatu produk yang baru, dan melalu peraturan pemerintah terhadap dunia usaha yang memungkinkan muncuknya suatu gagasan tentang usaha baru.
e.   Penelitian dan pengembangan. merupakan suatu kegiatan yang sering menemukan atau menghasilkan suatu gagasan produk baru atau perbaikan terhadap produk yang sudah ada.
Unsur-unsur analisa peluang pokok yaitu:
     a.    Biaya tetap.
     b.    Biaya variabel.
     c.    Biaya total.
     d.    Pendapatan total.
     e.    Keuntungan.
     f.     Kerugian.
     g.    Titik pulang pokok.

Suatu wirausaha yang baru didirikan, harus pintar dalam mencari peluang. Peluang-peluang yang harus diperhatikan adlah peluang segi pacar, variansi produk dan pelung dalam marketingnya. Selain melihat peluang perlu juga dalam mengembangan suatu inovasi.  Proses munculnya inovasi didapat dari beberapa uraian sebagai berikut :
1.        Wirausaha melihat adanya kebutuhan
2.        Mengumpulkan data dan mendefinisikan konsep-konsep
3.        Menguraikan masalah-maslah
4.        Menggunakan daya ingat untuk mencari kesamaan-kesamaan
5.        Menemukan kesamaan dan gagasan yang berhubungan
6.        Melihat bagaimana menggabungkan kesamaan dan gagasan yang berhubungan
7.        Mencari permecahan masalah
8.        Meneliti pemecahan masalah dengan hati-hati
9.        Bergerak terus jika kesemuanya baik
10.    Mencapai keberhasilan
Pastinya setia wirausaha yang baru merintis usahanya, menginginkan usahanya tersebut terus meningkat. Oleh karena itu perlu juga diperhatikan tentang pentingnya orientasi pasar. Karena sebagian besar penyebab kegagalan wirausaha baru karena hal ini. Mereka hanya mencoba-coba tanpa memperhitungkan beberapa hal. Terlalu sering para wirausahwan meyakini gagasan produk atau jasa baru. Mereka berkonsentrasi pada pengembangan gagasan dan mewujudkan. Banyak hal yang harus di perhatikan dalam berwirausahwan, tetapi juga jangan terlalu banyak memperhitungkan segala sesuatunya yang menyebabkan kita tidak bergerak sama sehali. Hanya konsep kosong yang tidak menghasilkan apa-apa.

Pendapat Penulis: Keseluruhan unsur dan sumber serta gagasan diatas memang sangat menentukan peluang berhasil atau gagalnya suatu usaha baru yang akan didirikan. Akan tetapi, perlu diambil kesimpulan dan pendapat bahwa keseluruhan hal yang berkaitan diatas tidak hanya kita jadikan patokan atau dasar dalam pendirian suatu usaha yang baru. Keyakinan, kematangan serta persiapan yang sangat mumpuni juga sangat ampuh dalam memberikan peluang usaha yang akan memberikan keuntungan. Segala kemungkinan memang selalu ada di sertai dengan peluang yang ada juga, akan tetapi semua itu akan memberikan hasil yang terbaik bagi kelanjutan usaha yang akan didirikan.
Sumber:
Wiratmo, Masykur. Kewirausahaan. Seri Diktat Kuliah. Universitas Gunadarma
http://ediharukaze.blogspot.com/2013/04/pengertian-kewirausahaan-dan.html
http://yahya29zulkarnain.blogspot.com/2012/11/identifikasi-peluang-usaha-baru-dalam.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar