Senin, 22 April 2013

Tanggapan Presentasi Kelompok 3 Mengenai Permasalahan Kependudukan



Tanggapan Presentasi Kelompok 3 Mengenai Permasalahan Kependudukan

Nama : Siti Istiqomah
NPM / Kelas : 36410594 / 3ID04
Tugas : Pengetahuan Lingkungan

Tanggapan Siti Istiqomah dari kelompok 7 mengenai presentasi kelompok 3 mengenai kependudukan.
Masalah kependudukan adalah masalah yang bukan hanya Negara Indonesia yang mengalaminya. Suatu Negara yang besar adalah Negara yang mempunyai jumlah manusia atau penduduknya yang besar pula, dengan kualitas sumber daya yang dimilikinya adalah bermanfaat bagi Negaranya sendiri. Didalam suatu Negara yang besar bukan hanya terdapat masalah kependudukan saja, akan tetapi karena banyaknya jumlah penduduk tersebut dapat menimbulkan sesuatu yang positif dan juga yang negative terhadap Negara itu sendiri. Seperti di contohkan pada kelompok 3 bahwa Indonesia memiliki kualitas sumber daya manusia yang masih sangat memprihatinkan informasi ini didapatkan dari suatu lembaga survey di Indonesia yang menunjukkan bahwa Indonesia berada pada tingkat atau level 112 dari 175 negara didunia yang mempunyai kualitas SDM yang masih dibawah rata-rata.
            Menanggapi permasalahan tersebut, saya pribadi merasa ikut ambil andil dalam suatu permasalahan penduduk yang terjadi di Indonesia, karena pada saya sendiri belum menjadi dan ikut ambil andil untuk menjadi manusia dan penduduk yang berkualitas bagi Negara saya sendiri. Berdasarkan hal tersebut sudah sewajar dan sepantasnya kita semua ikut serta dalam mengurungi masalah kependudukan ini. Dilihat dari peran serta dan program yang dilakukan pemerintah untuk menagi segala permasalahan kependudukan ini seperti program transmigrasi dengan sasaran daerah-daerah yang tingkat kepadatan penduduknya rendah, keluarga berencana dengan sasaran pasangan usia subur, dan pendidikan kependudukan dengan sasaran generasi muda.atau program lain yang dapat mengurangi jumlah penduduk dan secara otomatis juga akan mengurangi masalah kependududkan yang ada di Indonesia. Indonesia sebagai salah satu bangsa yang besar adalah bangsa yang harus siap terhadap segala perubahan yang terjadi dan persaingan yang terjadi, Indonesia dipaksa agar mau dan mempersiapkan diri menghadapi era globalisasi dan era pasar bebas. Dimana ini semua menuntuk kita agar mampu survive terhadap segala persaingan didunia.
            Saran saya sebagai salah penduduk Indonesia yang mudah-mudahan kita sebagai generasi penerus bangasa semua menjadi dan memiliki kualitas yang baik dan bijak agar kita dapat serta mampu dalam menghadapi segala bentuk persoalan dan persaingan yang akan melanda bangsa Indonesia. Agar kita semua dapat berguna bagi bangsa dan Negara. Berdasarkan segala peristiwa dan masalah kependudukan seorang ilmuan memperkirakan bahwa memprediksikan bahwa Indonesia pada 2025 akan seperti Negara Kanada dan Turki. Setiap suatu masalah yang dihadapi oleh suatu Negara kita harus yakin bahwa segal bentuk permasalah tersebut akan menumukan titik terang sebagai solusinya. Semangat buat terus menjadi generasi bangsa yang dapat membuat manfaat bagi bangsanya yang besar ini, yaitu Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar