Selasa, 23 Juli 2013

Tanggapan dan Solusi Presentasi Kelompok 8 Mengenai ISO 14000


Nama   : Siti Istiqomah
Kelas/NPM : 3ID04/ 36410594
Tugas : Pengetahuan Lingkungan

Berdasarkan presentasi yang telah dipresentasikan oleh kelompok 8 yaitu kelompok saya sendiri mengenai ISO 14000 dimana studi kasus yang disajikan oleh kelompok ini mengenai PT Surya Puspita yang memproduksi atau bergerak pada bidang industri penyamakan kulit. Sebagaimana Industri kita tahu setiap industry pasti memiliki limbah yang dihasilkan dari sisa ataupun dari bahan ynag sudah tidak terpakai. ISO 14000 merupakan suatu lembaga yang bertugas untuk memberikan lisensi kepada setiap perusahaan agar dapat standarisasi di bidang lingkungan. PT. Surya Puspita menghasilkan begitu banyak limbah, oleh karena itu limbah yang akan dibahas dari studi kasus ini hanya mengenai limbah yang dihasilkan yaitu limbah padat dan cair. PT. Surya Puspita telah menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14000 sebagai perwujudan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, sehingga akan memberikan jaminan kepada konsumen bahwa produk yang dihasilkan sudah menjalani proses yang ramah lingkungan.
Sertifikat ISO mensyaratkan program-program yang akan menurunkan penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya dan limbah berbahaya, bukan hanya pengelolaan limbah tetapi juga minimasi limbah yang merupakan langkah untuk masa depan dalam perlindungan lingkungan. Pencemaran air merupakan hal yang sangat diperhatikan. Manfaat perbaikan kualitas limbah cair yaitu untuk memenuhi SK Gubernur Jawa Barat No. 6/1999, mengantisipasi dan memeriksa adanya masalah di pengolahan limbah cair. untuk mengatasi atau mengurangi kotaminasi tanah dan air tanah serta memenuhi peraturan tentang limbah B3, maka dilakukan clean up bak landfill sludge, pengeringan dan pengiriman ke PPLI.
Berdasarkan hal tersebut yang kita perlu memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menerapkan ISO 14000 karena perusahaan yang menerapkan ISO 14000, merupakan perusahaan yang sangat peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya. Perusahaan yang menerapkan dan menjalankan ISO 1400 ini merupakan suatu perusahaan yang peduli bukan hanya dari lingkungannya namun citra dari perusahaan tersebut baik untuk masa saat ini maupun masa mendatang. Konsumen adalah raja, oleh sebab itu sangat perlu perusahaan menerapkannya karena dari penerapan ini konsumen akan lebih yakin dan lebih percaya terhadap produk yang dihasilkan. ISO 14000 mengenai lingkungan merupakan bentuk komitmen lembaga ini untuk memberikan pengawasan dan pemberian sertifikat terhadap suatu lembaga atau perusahaan yang telah menerapkannya. Bukan hanya akan berdampak bagi perusahaan yang telah menerapkannya, namun bagi lingkungan dunia, karena lingkungan harus terus dilestarikan agar dunia yang kita huni dapat terjaga keasrianya. Oleh karena itu, akan lebih bijak lagi kalau kita sebagai mahluk hidup memperhatikan keadaan lingkungan sekitar kita juga. Bukan hanya egois dan tak peduli akan akibat apa yang akan ditimbulkan bila kita tidak menjaga dan terus melestarikanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar